Tanaman Obat Kayu Manis Cina


Tanaman Obat kayu manis Cina adalah jenis tanaman obat dengan nama ilmiah Cinnamomum cassia presl yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Bagian yang digunakan untuk bahan pengobatan yaitu pada kulit batang dan rantingnya yang masih muda.
Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis Cina yaitu cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzcylanol cinnzcylanine, phenypropyl acetate, tanin dan saffrol. Kulit batang dan daunnya yang masih muda memiliki banyak kandungan yang berfungsi untuk mengobati suatu penyakit, sehingga kayu manis Cina sangat bermanfaat guna mengobati berbagai macam penyakit.
Kulit batang dan daunnya yang masih muda dapat dimanfaatkan dan digunakan sebagai obat dengan cara dijemur. Beberapa penyakit yang dapat diobati seperti sakit lambung, diare, demam, sesak nafas, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Kayu manis Cina yang sudah dikeringkan kemudian diolah dengan berbagai macam cara, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Biasanya diolah dengan cara digiling, direbus, diseduh dan dibuat bubuk atau serbuk.

Manfaat tanaman obat kayu manis Cina untuk kesehatan
Dilihat dari sekian banyaknya kandungan yang bermanfaat dalam kayu manis Cina, kayu manis Cina memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kayu manis Cina untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :
1.       Dapat mengobati masalah gangguan pencernaan, diare dan radang lambung
2.       Mampu mengobati jantung koroner dan nyeri dada
3.       Mengobati sakit lambung, badan lemah dan dingin
4.       Untuk obat batuk karena paru-paru dingin
5.       Obat demam dan flu
6.       Mengobati sakit otot dan reumatik
7.       Mengatasi nyeri haid dan haid tidak lancar
8.       Dapat mengobati penyakit epilepsi
9.       Untuk mengobati tekanan darah tinggi
10.   Mengobati tumor dalam perut dan obat bisul

Baca juga artikel-artikel kesehatan di vitsehat.com

Dilihat dari banyaknya manfaat tanaman kayu manis Cina diatas, tanaman obat ini juga mempunyai racun apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak sekaligus. Selain itu, kayu manis Cina juga dilarang dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, penderita demam dan penderita pendarahan.
Tanaman obat ini sekarang sudah diolah dalam betuk pil, tablet bahkan minyak. Maka dari itu, akan lebih mudah mendapatkan manfaat dan khasiat dari kayu manis Cina ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya dan menambah wawasan tentang tanaman obat kayu manis Cina, terima kasih.

Baca juga :



Comments

Popular posts from this blog

Tanaman Obat Sintok

Tanaman Obat Gadung