Tanaman Obat Gadung


Tanaman obat gadung merupakan jenis tanaman yang tergolong ke dalam umbi-umbian. Gadung menghasilkan umbi yang bisa dimakan, namun mengandung racun. Racun dalam gadung akan mengakibatkan pusing dan muntah. Namun, jika gadung diolah dengan baik dan benar maka racun dalam gadung akan hilang dan bisa dikonsumsi juga mendapatkan manfaatnya.
Untuk mengetahui tumbuhan gadung bisa dilihat berdasarkan arah lilitan batang, bentuk batang, ada tidaknya duri pada batang, bentuk dan jumlah helaian daun, dan ada tidaknya buah diatas. Tumbuhan gadung biasanya berbatang merambat dan memanjat. Arah rambatannya biasanya selalu berputar kearah kiri berlawanan dengan arah jarum jam jika dilihat dari atas.
Meskipun gadung merupakan tanaman yang beracun, namun gadung memiliki manfaat untuk kesehatan dan pengobatan juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Namun untuk mendapatkan manfaat gadung harus benar dalam pengolahannya. Jika tidak, maka racun dalam gadung tidak akan hilang. Meskipun ada yang memanfaatkan racun gadung sebagai racun pada mata kail dan sebagai pestisida yang digunakan para petani.

Manfaat tanaman gadung
Gadung memiliki manfaat yang baik seperti untuk kesehatan dan pengobatan, walaupun gadung tanaman yang beracun. Namun racun dalam gadung juga bermanfaat untuk pertanian, sebagai pestisida untuk membunuh hama.
1.       Sebagai pengobatan
Tanaman gadung memiliki umbi yang beracun, namun umbi gadung dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Umbi gadung dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kusta, kutil, kapalan dan mata ikan. Umbi gadung mengandung lendir kental yang mampu menyembuhkan luka yang bernanah dan bersifat hidrokoloid yang bermanfaat juga untuk menurunkan kadar glukosa darah dan kolestrol.
2.       Sebagai makanan pokok
Tanaman gadung walaupun beracun, tetapi bisa dijadikan makanan pokok. Apabila cara pengolahannya benar, maka racun dalam gadung akan hilang dan dapat dikonsumsi. Pada zaman dahulu, masyarakat banyak yang mengkonsumsi gadung sebagai makanan pokok. Namun, sekarang gadung banyak dikonsumsi sebagai cemilan, yaitu dijadikan keripik gadung.
Manfaat gadung yang lainnya seperti digunakan untuk insektisida. Getahnya juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan tali rami dan untuk memutihkan pakaian. Bunga gadung juga bisa digunakan untuk mewangikan pakaian dan untuk hiasan rambut.
Baca juga artikel kesahatan vitsehat.com
Cara pengolahan tanaman gadung
Cara pengolahan gadung yang benar sehingga racun dalam gadung akan hilang dan bisa dikonsumsi. Berikut adalah cara pengolahan gadung agar racunnya hilang, yaitu :
·         Iris umbi gadung kemudian gadung diremas-remas dengan dicampur kedalam air laut, lalu direndam selama 2-3 hari. Setelah itu gadung dijemur dan dapat dikonsumsi.
·         Gadung dikupas dan diiris lalu dicampur dengan abu gosok. Kemudian direndam dalam air laut, setelah itu dicuci menggunakan air tawar lalu dijemur selama kurang lebih 3 hari.
·         Oleskan atau lumasi gadung dengan abu gosok kemudian dipendam dalam tanah selama 3-4 hari. Setelah itu, gadung diambil dan dicuci dengan air tawar sambil diremas-remas.
Jika dalam pengolahan gadung tidak benar, maka racun masih ada didalam gadung. Sehingga jika gadung dikonsumsi maka akan keracunan. Namun, apabila keracunan gadung, bisa diobati menggunakan air kelapa muda. Jika keracuanan gadung tidak segera ditangani, maka akan menyebabkan kematian.
Pemanfaatan gadung selain diatas juga bisa digunakan sebagai bahan jamu tradisional, namun fungsinya sama yaitu untuk pengobatan. Pengolahan gadung sebagai bahan jamu tradisional biasanya dengan cara dipotong tipis-tipis kemudian dijemur sampai kering. Setelah gadung kering, biasanya dapat langsung digunakan atau digiling terlebih dahulu sampai halus.
Itulah beberapa informasi tentang tanaman gadung dan manfaat juga pengolahannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan juga pengetahuan.

Baca juga artikel kesehatan :



Comments

  1. Merkur 789 Merkur 789 Merkur 789 Merkur
    The Merkur 789 Merkur 789 Merkur 889 Merkur 989 Merkur 메리트 카지노 쿠폰 989 Merkur The 인카지노 Merkur 889 Merkur 990 Merkur 990 Merkur 990 Merkur 990 Merkur 바카라사이트

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tanaman Obat Sintok

Tanaman Obat Kayu Manis Cina